Menu

Definisi ,ciri-ciri, struktur dan unsur kebahasaan report text

 

Assalamualaikum wr.wb

Selamat Datang di blog ini , kali ini saya akan memberikan artikel tentang report text . Mari kita simak isinya di bawah ini .




Defenisi Report Text

              Report Text satu dari sekian teks dalam bahasa Inggris yang memaparkan detailnya sebuah objek. Pada Report Text menjebabarkan objek yang detail dan ilmiah tentang benda yang berwujud maupun tidak berwujud.


Report Text termasuk ke dalam Descriptive Text yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi kepada pembaca mengenai objek dari teks ini sendiri. Meskipun Report Text dan Description Text memang hampir sama, namun sebenarnya dua teks ini berbeda. Report Text cenderung mengarah ke teks faktual ilmiah dan lebih umum dibandingkan dengan Description Text sehingga tidak ada opini subjektif dari penulis.





Struktur Umum report text


Generic structure (struktur umum) dari report text sama dengan descriptive text. Berikut struktur umum dari report text.


1. General Classification


Bagian ini berisi pernyataan umum yang menjelaskan keterangan objek dari report text meliputi keterangan subjek laporan, keterangan, dan klarifikasinya.



2. Description


Bagian description memberikan gambaran fenomena atau situasi yang terjadi, baik bagian-bagiannya, sifat, kebiasaan ataupun tingkah lakunya. Intinya, bagian ini menjabarkan klasifikasi yang disajikan secara ilmiah. Sehingga, hal yang perlu diingat adalah bahwa report text bukan teks berita, tetapi teks faktual ilmiah.





berikut ciri-ciri yang dapat dilihat dari report text.


  • Berisi fakta-fakta ilmiah
  • Judul teks terlihat lebih umum
  • Menggunakan tenses jenis simple present
  • Menggunakan kata benda yang umum (general nouns).
  • Menggunakan sebuah kata kerja yang saling berhubungan (relating verbs).
  • Terdiri dari sebuah objek yang ditambah objek tentang alam lainnya.
  • Menjelaskan berbagai kelompok atau aspek umum, bukan individu secara khusus.
  • Menggunakan conditional logical conjunction seperti : when, so, etc.




Unsur Kebahasaan Report Text


1. General Nouns : Suatu benda (baik itu hidup atau mati) yang bersifat secara umum. Coba saja bandingkan : Hunting dogs >< My dog. Hunting dogs ini bersifat umum. Sedangkan my dog ini bersifat khusus.


2. Relating Verbs : Dalam sebuah grammar disebut juga dengan linking verbs. Seperti pada to be [is, am, are: present], seem, look, taste dan lain-lain.


3. Timeless Present Tense : Salah satu penanda waktu dalam simple present yang menyerupai “often, usually, always” dan lain sebagainya.


4. Technical Terms : Istilah-istilah yang mencakup pada teks report tersebut. Misalnya pada wacana “music” maka, istilah-istilah musik yang seharusnya.


5. Introducing Group or General Aspect : Karena report text merupakan suatu hasil penjabaran dari sebuah penelitian, bahasa yang digunakan yakni berbagai bahasa-bahasa yang memperkenalkan suatu objek secara umum.







Demikian materi tentang report text , semoga bisa bermanfaat . Ikuti terus laman blog ini agar tetap mendapatkan berbagai ilmu .

Sekian dan terimakasih 

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar