Menu

Pengertian, ciri-ciri, struktur teks eksplanasi

 Assalamualaikum wr.wb

Selamat Datang di blog ini , kali ini saya akan menjelaskan teks eksplanasi . Mari kita simak penjelasan nya berikut .



Pengertian teks eksplanasi


Pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lain sebagainya. Tujuan penulisan teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan sebuah proses terciptanya sesuatu yang terjadi secara alamiah, atau tentang proses bekerjanya fenomena alam maupun sosial.


tujuan utama teks eksplanasi adalah untuk memaparkan proses dan sebab terjadinya suatu fenomena. Penjelasan yang dipaparkan dalam teks eksplanasi berdasarkan bidang keilmuan (bersifat ilmiah) yang mengacu pada fakta, realita, teori, dan hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan.



Ciri-Ciri Teks Eksplanasi


  • Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).
  • Hal yang dibahas yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  • Sifatnya informatif dan tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
  • Menggunakan kata penanda urutan.
  • Fokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan lainnya




Struktur Teks Eksplanasi


1. Pernyataan umum


Bagian satu ini menerangkan terkait latar belakang serta tinjauan umum topik yang bisa berwujud klasifikasi, definisi, sejarah, serta asal usul.


Di dalam bagian ini juga terdapat gambaran secara umum mengenai apa, mengapa, serta bagaimana proses peristiwa alam itu bisa terjadi.



2. Deretan Penjelas

Di bagian satu ini isinya perincian proses atau sebab terjadinya sebuah fenomena yang juga meliputi akibat serta dampak yang ditimbulkan.




3. Interpretasi


Bagian satu ini isinya berupa penafsiran penulis terkait topik dengan perspektif tertentu yang lebih luas serta menyeluruh. Dan juga menerangkan korelasi peristiwa yang menyertainya.




4. Simpulan


Di bagian akhir teks ini berupa tanggapan penulis untuk menyikapi fenomena yang berwujud pernyataan reflektif yang sifatnya umum.








Demikian artikel tentang teks eksplanasi , semoga bisa bermanfaat bagi pembaca . Ikuti terus laman blog ini agar tetap mendapatkan berbagai ilmu .

Sekian dan terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar