Menu

Sejarah Berdirinya Borobudur

 Assalamualaikum wr.wb

     

  Kali ini saya akan mengulas bagaimana sejarah candi terbesar di Indonesia yaitu candi Borobudur . Mari kita simak Penjelasan di bawah ini :

SEJARAH CANDI BOROBUDUR



          PADA AWAL ABAD KE 21 KITA SERING MENDENGARKAN DAN MEMBICARAKAN TENTANG KEBUDAYAAN LOKAL DALAM MENGHADAPI GLOBALISASI .SETIDAKNYA ITU SUDAH DIALAMI OLEH BANGSA KITA .

.CANDI BOROBUDUR didirikan oleh SRAJA SAMARATUNGGA DARI DINASTI SYAILENDRAPADA ABAD KE9 . CANDI itu terletak diantara dua bukit tepatnya di Ds.borobudur,kecamatan borobudur kab. Magelang. Candi borobudur terletak pada garis lurus dengan Candi Pawon dan Candi Mendut dipandang sebagai suatu kesatuan .letak candi seperti ini merupakan aturan dalam kitab-kitab para seniman agama di INDIA.Namun demikian aturan ini juga didesain bangunan suci agama budha.

.Borobudur merupakan karya yang sangat unik . Susunan candi borobudur berbeda dgn di atas fondasi yang tertanam di atas tanah .Fondasi ini berdenah bdengan jari-jari delapan.Ttik tengah terdapat tongkat diteruskan dengan payung .Candi Borobudur didirikan langsung di atas bukit tanpa pondasi yang di dalam tanah tetapi mampu memiliki struktur yang kuat hingga mampu berdiri sampa saat ini . Candi Borobudur merupakan teras stupa .Susunan sandi merupakan kuatnya pengaruh kebudayaan jawa

.Borobudur memiliki sepuluh tingkatan ,yg dapat dipahami sebagai lambang ke10 jalan BODHISATWA .Ukuran borobudur 123*123 m di bagian kakinya dan tinggnya 35,4 m.

.Dalam agama budha STUPA merupakan perwujudan dari MAKROMOS  yang terdiri dari 3 tingkatan  yaitu KAMADATHU,RUPADATU,ARUPADATU. Kamdatu merupakan alam bawah terdapat relief  KARMA WIBANGGA ,yaitu suatu hukum sebab akibat perbuatan manusia .Arupadatu merupakan alam atas yaitu tempat para dewa.


.Dari archa dan relief yang terdapat pada dinding dan pagar candi menunjukan bahwa candi borobudur merupakan menganut agama budha  aliran MAHAYANA .

.Dalam kitab SANG HYANG KAMAHAYANIKAN MANTRAYANA ,Pada abad ke10 ,Mpu Sendok dari DINASTI SYAILENDRA ISANA menyebarkan ajaran dari india yaitu agam budha . Ajaran itu disebarkan di jawa dan disesuaikan dengan pengetahuan penduduk pada saat itu .Banguna candi borobudur oleh penduduk jawa ,sarana ibadah mereka .Bukti itu merupakan bukti nyata  dari  tidak danya kampung di sekitar candi borobudur.Bukti lainya ditemukan tulisan yang memakai huruf jawa kuno dengan bahasa sansekerta dan tidak menggunakan tata bahasa sansekerta .



     Demikian artikel tentang candi Borobudur ,Semoga bisa bermanfaat dan mudah dipahami oleh semua pembaca .

Terima kasih 

Wassalamu'alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar