Menu

Cara mudah menghafalkan Vocabullary

Selamat datang





             Secara material bahasa adalah kumpulan kata . jadi kalau Sobat ingin mempelajari suatu bahasa , kamu harus menghafal dahulu kata-katanya . Daftar kata-kata dalam bahasa inggris ada lebih dari 50.000 (belum termasuk derivasinya). Menurut Benedict R.Anderson  , kamus indonesia-inggris yang disusun oleh John M.Echols dan Hasan Shadily hanya berisi 12.000 kata saja . WOW
Masalahnya sekarang bagaimana kalian menyerap kata-kata sebanyak itu guys ? ( sedang pengajaran bahasa inggris di tingkat sma/smk rata rata sekitar 4 jam seminggu) ; itu bukan mempelajari kata kata (vocabullary) saja tapi mencakup hal lain , seperti grammar ,reading chomprehension ,conservation dan sebagainya . Jadi butuh waktu kan guys kalau menghafal . tapi tenang aja ya sob , Disini gue memberikan tips mengahalkan Vocabullary dengan mudah .
     
   Para Ahli berpendapat untuk bisa membaca dan berbicara hanya sederhana aja , cukup 5000 kata doang (masih kebanyakan hehehehe) karena kata-kata lainya jarang dipergunakan . Langsung aja ya sob , Di bawah ini ada beberapa resep untuk memperkaya Perbendaharaan kata(Vocabullary) :

1. a. Setiap hari sisakan sedikit waktu untuk menghafalkan Vocabullary . nggah usah terlalu banyak ya sob , cukup 5-10 kata doang sob .

     b. Supaya bisa mengontrol perbendaharaan kata , sebaiknya gunakan sistem kartu .maksudnya tuliskan 5/10 kata setiap kartu yang bisa digunakan untuk menghafal di setiap hari-harimu secara bergantian .


2. Dalam menghafal kata bahasa inggris , kita bisa membuat daftar dengan cara :
        a. Mencari Persamaanya/kata yang maknanya sama
  ∆ Misal Persamaan kata sifat(Adjective) :
Bid-large : besar
Dull-uninteresting: tidak menarik hati
Easy-Simple: Mudah

   ∆ Persamaan kata kerja (verb)
Begin-start: mulai
Close-shut: menutup

Persamaan kata benda (noun)
Person-People: orang-orang
Shop-store: toko

  ∆ Mencari lawan katanya (opposite) , misalnya :
Easy x difficult: Mudah x sukar
Good x bad: baik x buruk
Love x Hate: mencintai x membenci
   Buatlah contoh sendiri ya guys .


3. Cara Lain memperkaya perbendaharaan kata ialah dengan menhafal satu kata beserta turunan-turunannya . Marilah sobat lihat contoh di bawah ini :

Suffer.         : menderita
Sufferable  : dapat diderita
Sufferer     : Penderitaan
Sufferance : kesabaran
Nation.      : bangsa
National.   : warga negara, nasional
Nationalist: seorang nasionalis
Nationalism: nasionalisme ,cinta tanah air
Nationality.     : kebangsaan
Nationalization : nasionalisasi
Nationalize. : menjadikan warga negara
Nationwide. : meliputi seluruh bangsa
Love: cinta,kasih sayang
Lovelles: tidak berkasih sayang
Lovable: ramah tamah
Loving: penuh kasih
Lover : Kekasih
Lovelock: rambut ikal
Lovelorn : mabuk cinta
Loveworthy: patut dikasihi


         Seperti diketahui , kata-kata dalam bahasa inggris (begitupun dalam bahasa-bahasa lainya) terbagi dalam beberapa klasifikasi . Di antaranya ialah Noun(kata benda) , Adverb (kata keterangan) , Adjective (kata sifat) dan sebagainya .Dari contoh-contoh diatas yang gue berikan , dapat diketahui bahwa untuk noun turunanya biasanya diakhiri dengan –er , -ion , -isme , -ment , -ness , -ist , -isty , -bood , -ship . kalau Adjective bercirikan –y , -ed , -eable , -al , -ful ,-isb , -ing (akhiran –ing bisa juga noun atau adjective), -ive , dan –ous . Verb (terutama bentukan dari kata benda) biasanya berakhiran –ize , sedang untuk Adverb biasanya berakhiran -Ly.


        Hal lain yang mesti kamu perhatikan ialah dalam pembentukan kata-kata Turunan tadi kita harus tetap berpedoman kepada kamus (jangan membuat turunan seenaknya aja ya sob karena tidak memiliki rumus-rumus yang pasti) . Ciri-ciri yang gue sebutkan tadi hanya untuk memudahkan kalian dalam mengenali klasifikasi suatu kata , apakah ia termasuk Noun , Adjective , Verb atau Adverb .


         Belajar bahasa inggris bukan hanya mempelajari daftar kata-katanya doang , Namun kalau kalian tidak mengetahui arti kata-kata bahasa inggris  , PERCAYALAH...... Kamu tidak akan bisa menggunakan Bahasa inggris
Jadi Mempelajari/menghafalkan kata-kata bahasa inggris itu sangat PENTING sebelum mempelajari kalimat bahasa inggris/Rumus dengan benar .







Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel ini . Semoga bermanfaat
TETAPLAH BELAJAR DAN BERBAGI ILMU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar