Menu

Macam-macam Komponen Instalasi Listrik 1 Fasa dan Kegunaannya

 Assalamualaikum wr.wb

Kali ini saya akan menjelaskan komponen yang dipakai instalasi tenaga listrik 1 Fasa . Mari kita simak penjelasan di bawah ini

:

Komponen Listrik Tenaga 1 Fasa

1. Penghantar

             Penghantar merupakan sarana untuk menyalurkan energi listrik yang pada umumnya terbuat dari tembaga dan alumunium . Bahan yang dibuat harus memenuhi syarat , disesuaikan penggunaan , hasil pemeriksaan , serta pengujian instalasi yang berwenang . Dengan demikian , penghantar yang sudah lulus uji dapat digunakan sesuai ketentuannya .
             Ukuran penghantar dinyatakan luas penampang inti penghantar yang mempunyai satuan mm² . Penghantar ada yang berinti tunggal atau banyak dan ada yang pejal atau berserabut . Tiap penghantar harus digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pemasangan . 

Penghantar ini mempunyai kode pengenal , antara lain sebagai berikut :

N :  tembaga sebagai penghantar
Y : isolasi PVC (polyvinylclhoride)
F : Kawat fleksibel atau serabut
M : Selubung luar PVC 
H : Kabel untuk peralatan yang bergerak
Y : Selubung luar PVC
Z : penghantar dua
A : kawat berisolasi


Berikut merupakan contoh beberapa jenis kabel yang digunakan untuk instalasi listrik 1 fasa :

a. Penghantar NYA

Penghantar ini memiliki hanya satu penghantar berbentuk pejal yang terbuat dari tembaga dan mempunyai isolasi PVC . Warna kabel ini merah , kuning , hitam ,biru , dan kuning loreng hijau . Setiap warna mempunyai kegunaan masing masing .

b. NYAF

Mempunayai penghantar fleksibel dan mempunyai isolasi PVC . Kabel ini digunakan untuk rangkaian kontrol suatu panel listrik yaitu untuk penyambungan di dalam peralatan-peralatan listrik dan lain sebagainya .

c. NYM

Kabel yang memiliki inti penghantar dari bahan tembaga yang berbentuk pejal , mempunyai isolasi PVC berwarna putih . Beberapa penghantar mempunyai isolasi luar sebagai pelindung .


d. NYMHY

Kabel ini memiliki penghantar inti kawat tembaga fleksibel , isolasi PVC dan selubung luar PVC . Kabel ini digunakan di dalam bangunan ,bukan untuk kabel luar


e. NYY

 Kabel ini mempunyai inti penghantar tembaga , isolasi PVC ,pembungkus inti dan selubung luar PVC berwarna hitam .biasa digunakan untuk instalasi tenaga di dalam bangunan . Kabel ini merupakan kabel thermoplastik tanpa perisai sehingga dapat ditanam di tanah dengan syarat diberikan perlindungan terhadap kerusakan mekanis .


2.Pengaman

          Pengaman instalasi listrik adalah alat yang berfungsi mengamankan instalasi listrik pada saat terjadi pada gangguan sistem . Pengaman juga dapat mencegah terjadi bahay terhadap manusia . Alat pengaman listrik tenaga satu Fasa diantaranya sebgai berikut :

  • MCB (MINI CIRCUIT BREAKER)
MCB berguna untuk memutuskan rangkaian secara otomatis apabila arus melebihi suatu nilai tertentu dan dalam jangka waktu tertentu yang disebabkan beban lebih dan hubung singkat . MCB memiliki komponen thermal ( bimetal) dan relai elektromagnetik .

  • ELCB ( EARTH LEAKAGE CIRCUIT BREAKER)
ELCB merupakan pengaman yang mampu mendeteksi arus bocor sehingga dapat mencegah bahay akibat sengatan arus listrik kepada maausia . Cara kerjanya yaitu mendeteksi ada atau tidaknya perbedaaan arus yang mengalir pada kawat Fasa dan netral akan sama sehingga tidak ada perbedaan arus . Hal ini akan melindungi bahaya sengatan listrik jika ada kebocoran arus maka ELCB akan bekerja memutuskan arus secara otomatis .

3. Kontak Listrik

  • Kotak Kontak
Merupakan tempat untuk memperoleh sumber tegangan . Tegangan ini diperoleh dari penghantar Fasa dan netral . Pada PUIL 2000 Kotak kontak terdiri dari KKB (kotak kontak biasa) dan KKK (kotak kontak khusus) . KKB digunakan untuk peralatan listrik yang tidak tetap tempatnya dan sewaktu-waktu . KKK mempunyai tempat arau lokasi tertentu dengan beban tetap dan dihunbungkan langsung PHB (pasang hubung bagi) sebagai grub tersendiri .


  • Tusuk Kontak
Digunakan untuk menghubungkan peralatan listrik dengan sumber listrik . Bentuk dan jenis tusuk kontak harus disesuaikan bentuk dan jenis kotak kontak yang dijadikan sumber .



4. Pelindung Penghantar Listrik Pipa

  • Pipa
Pipa instalasi sebagai Pelindung penghantar . Dengan pipa instalasi . Pipa instalasi dibedakan menjadi 3 bagian : 

1. Pipa Union

       Pipa yang terbuat dari besi sehingga pipa ini memiliki kekuatan mekanis yang melindungi penghantar . Kekurangannya karena terbuat dari besi sehingga jika ada kebocoran  Listrik di penghantar maka akan menyalurkan ke pipa tersebut . Bahkan hal ini dapat menyebabkan terjadinya hubung singkat pada hantaran Fasa dan netral .


2. Pipa PVC 
         Sesuai namanya pipa ini terbuat dari paralon . Pipa PVC mempunyai kelebihan yaitu :

- Tidak menghantarkan arus listrik 
- mempunyai berat yang lebih ringan 
- Dapat digunakan di daerah lembab karena tidak menimbulkan korosi 

3. Pipa Fleksibel
             Pipa ini terbuat dari berbagi bahan diantaranya potongan logam dan PVC . Pipa ini mempunyai kelebihan yaitu mudah dibelokkan dengan sudut yang bervariasi . Selain itu pipa fleksibel cukup lentur sehingga dapat dipasang di lokasi yang sulit . 


  • Tule (selubung pipa)
Digunakan untuk menutup ujung pipa 


  • Klem (Sekang)
Digunakan untuk memasang ,menahan , dan menguatkan pipa baik yang dipasang pada permukaan tembok ,dinding kayu maupun plafon .pemasangan skrup atau paku.


  • Penyambung pipa (sok)
Digunakan untuk menyambung antar sambungan lurus  .




  • Sambungan Siku (Elbow)
Digunakan untuk menyambung pipa pada lokasi belokan dengan sudut 90derajat.





  • Kotak sambung
Digunakan untuk tempat penyambungan penghantar dan percabangan jalur penghantar .kotak sambung menurut bentuk dan fungsinya dibedakan menjadi 4 macam yaitu :

1. Kotak sambung cabang satu


2. Kotak sambung cabang 2 

3. Kotak sambung cabang 3/T doa

4.kotak sambung Cabang 4/ x dos


5. Pelindung listrik Kanal   

  • Kanal

  • Belokan dalam kanal 

  • Belokan luar kanal
  • Belokan datar kanal
  • Sambungan kanal


Demikian Artikel yang saya buat . Semoga bisa mermanfaat dan mudah dipahami bagi anda yang mencari referensi . Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan kalimat atau kata .
Sekian dan Terima Kasih
Wassalamualaikum wr.wb

1 komentar:

  1. terima kasih .dengan adanya artikel ini ,saya sangat terbantu dan penjelasannya sangat lengkap

    BalasHapus