Menu

Pengertian,struktur,dan ciri Kebahasaan Iklan

Assalamualaikum wr.wb.
Kali ini saya kan mengulas tentang pengertian , struktur dan ciri kebahsaan iklan . Mari kita simak penjelasan di bawah ini :

 IKLAN

1. Pengertian Iklan 

            Iklan berasal dari bahasa Arab i'lun yang berarti pemberitahuan/pengumuman . Teks iklan adalah satu alat komunikasi nonpersonal dan komersial yang berisi pengumuman ,penawaran , permintaan yang ditujukan sebagian atau seluruh Kalayak ramai melalu media cetak ,elektronik , ruang terbuka maupun media kendaraan. 
       Agar masyarkat konsumen tertarik dengan iklan yang dipajang/dipasang , pemasang iklan harus mengerti bagaimana penggunaaan kata ,gaya maupun bahasa yang mudah dipahami oleh konsumen yang membacanya . Didalam iklan terdapat fakta dan opini . Fakta merupakan hal/kejadian yang nyata . Opini merupakan pernyataan untuk menarik pendengar/pembaca iklan. Opini di dalam iklan harus didukung oleh fakta-fakta yang ada di suatu barang/jasa yang diiklankan .

      Salaha satu gaya retorika dalam menulis iklan adalah menggunakan AIDCA  yaitu kependekan dari kata-kata : 
  1. Attention(perhatian) . Iklan harus menarik perhatian khalayak masyarakat . Untuk itu diperlukan penempatan , gaya penggunaan kata .
  2. Interest(Minat) . Iklan harus dapat merangsang minat konsumen .perhatian lebih meningkat untuk membaca lebih rinci .
  3. Desire (kebutuhan/keiinginan) . Teks iklan harus mampu menggerakkan keiinginan orang untuk menikmati produk yang ditawarkan .
  4. Conviction (rasa percaya/keyakinan/pendirian). Iklan harus mampu menguhkan keyakinan yang kuat terhadap barang atau jasa yang dipromosikan 
  5. Action (tindakan) . Teks iklan harus memiliki daya membujuk konsumen agar segera mungkin konsumen melakukan tindakan seperti membeli produk atau jasa  .  

2. Struktur Iklan

.          Teks iklan termasuk genre makro yang kompleks karena bentuk iklan ada yang bisa dibaca atau didengar dan ada yang dibaca sekaligus didengar . Pada artikel ini , hanya iklan dengan struktur teks yang dapat yang dianalisis saja yang saya tulis disini :
       Secara umum struktur teks iklan sebagai berikut :
  1. Orientasi , bagian yang menjelaskan produk/jasa
  2. Tubuh ikal/body , bagian yang menjelaskan hal yang akan disampaikan kepada pendengar maupun pembaca
  3. Justifikasi , bagian yang berisi ajakan , himbuan dengan siapa konsumen bisa menghubungi pemasasang iklan produk/jasa yang ditawarkan .
Tubuh iklan dapat berupa kelompok kata (frasa) , klausa dan pernyataan kalimat atau gabungan dari ketiganya dan adakalanya ditambah gambar .

     Dalam praktiknya , banyak iklan yang tidak menggunakan struktur tersebut secara lengkap . Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan maupun selera pembuat iklan .

Dibawah ini contoh-contoh iklan :



3. Ciri kebahasaan Iklan

Ciri-ciri kebahsaan yang sering digunakan teks iklan adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan kalimat berikut :
1.Persuasif (bujukan)
        Contoh :  - OATMEL untuk langkah sehatmu
                           - Viva kosmetik sesuai untuk daerah tropis .

2. Imperatif (perintah)
       Contoh : -Bandingkan produk kami dengan yang lain
                        - Dapatkan rahasia akses internet

3 Interogator (tanya)
      Contoh : -Suadakah anda menggunakan sabun "Sehat" ?
                       - Bermasalahkah mesin motor anda saat ini ?

4. Kalimat berita/netral
Contoh : -Dengan 1 juta anda sudah mendapatkan rumah
                 - Perumahan strategis dan Luas 7 meter

5. Kalimat seru
 Contoh : - WOW MURAH BANGET ! Belanja di AndiMart diskon 10% 
                  - Wah keren ! Model baru Polytron

6. Larangan 
Contoh : - Jangan memakai Narkoba
                 - untuk si buah hati ,jangan coba-coba merk lain 

  • Menggunakan kalimat yang menunjukan keunggulan produk atau memuji produk. 
  • Menggunakan kata kerja
  • Menggunakan Majas (bahasa kias)
  • Menggunakan kalimat berirama 
  • Menggunakan kalimat yang berisi fakta dan opini 
  • Menggunakan singkatan-singkatan untuk mengurangi jumlah biaya .


Demikian artikel yang saya buat . Semoga bermanfaat dan mudah dimengerti . Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan kata. 
Sekian dan Terima Kasih
Wassalamu'alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar