Assalamualaikum wr.wb.
Kali ini saya kan mengulas tentang pengertian , struktur dan ciri kebahsaan iklan . Mari kita simak penjelasan di bawah ini :
IKLAN
1. Pengertian Iklan
Iklan berasal dari bahasa Arab i'lun yang berarti pemberitahuan/pengumuman . Teks iklan adalah satu alat komunikasi nonpersonal dan komersial yang berisi pengumuman ,penawaran , permintaan yang ditujukan sebagian atau seluruh Kalayak ramai melalu media cetak ,elektronik , ruang terbuka maupun media kendaraan.
Agar masyarkat konsumen tertarik dengan iklan yang dipajang/dipasang , pemasang iklan harus mengerti bagaimana penggunaaan kata ,gaya maupun bahasa yang mudah dipahami oleh konsumen yang membacanya . Didalam iklan terdapat fakta dan opini . Fakta merupakan hal/kejadian yang nyata . Opini merupakan pernyataan untuk menarik pendengar/pembaca iklan. Opini di dalam iklan harus didukung oleh fakta-fakta yang ada di suatu barang/jasa yang diiklankan .
Salaha satu gaya retorika dalam menulis iklan adalah menggunakan AIDCA yaitu kependekan dari kata-kata :
- Attention(perhatian) . Iklan harus menarik perhatian khalayak masyarakat . Untuk itu diperlukan penempatan , gaya penggunaan kata .
- Interest(Minat) . Iklan harus dapat merangsang minat konsumen .perhatian lebih meningkat untuk membaca lebih rinci .
- Desire (kebutuhan/keiinginan) . Teks iklan harus mampu menggerakkan keiinginan orang untuk menikmati produk yang ditawarkan .
- Conviction (rasa percaya/keyakinan/pendirian). Iklan harus mampu menguhkan keyakinan yang kuat terhadap barang atau jasa yang dipromosikan
- Action (tindakan) . Teks iklan harus memiliki daya membujuk konsumen agar segera mungkin konsumen melakukan tindakan seperti membeli produk atau jasa .
2. Struktur Iklan
. Teks iklan termasuk genre makro yang kompleks karena bentuk iklan ada yang bisa dibaca atau didengar dan ada yang dibaca sekaligus didengar . Pada artikel ini , hanya iklan dengan struktur teks yang dapat yang dianalisis saja yang saya tulis disini :
Secara umum struktur teks iklan sebagai berikut :
- Orientasi , bagian yang menjelaskan produk/jasa
- Tubuh ikal/body , bagian yang menjelaskan hal yang akan disampaikan kepada pendengar maupun pembaca
- Justifikasi , bagian yang berisi ajakan , himbuan dengan siapa konsumen bisa menghubungi pemasasang iklan produk/jasa yang ditawarkan .
Tubuh iklan dapat berupa kelompok kata (frasa) , klausa dan pernyataan kalimat atau gabungan dari ketiganya dan adakalanya ditambah gambar .
Dalam praktiknya , banyak iklan yang tidak menggunakan struktur tersebut secara lengkap . Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan maupun selera pembuat iklan .
Dibawah ini contoh-contoh iklan :
3. Ciri kebahasaan Iklan
Ciri-ciri kebahsaan yang sering digunakan teks iklan adalah sebagai berikut :
- Menggunakan kalimat berikut :
1.Persuasif (bujukan)
Contoh : - OATMEL untuk langkah sehatmu
- Viva kosmetik sesuai untuk daerah tropis .
2. Imperatif (perintah)
Contoh : -Bandingkan produk kami dengan yang lain
- Dapatkan rahasia akses internet
3 Interogator (tanya)
Contoh : -Suadakah anda menggunakan sabun "Sehat" ?
- Bermasalahkah mesin motor anda saat ini ?
4. Kalimat berita/netral
Contoh : -Dengan 1 juta anda sudah mendapatkan rumah
- Perumahan strategis dan Luas 7 meter
5. Kalimat seru
Contoh : - WOW MURAH BANGET ! Belanja di AndiMart diskon 10%
- Wah keren ! Model baru Polytron
6. Larangan
Contoh : - Jangan memakai Narkoba
- untuk si buah hati ,jangan coba-coba merk lain
- Menggunakan kalimat yang menunjukan keunggulan produk atau memuji produk.
- Menggunakan kata kerja
- Menggunakan Majas (bahasa kias)
- Menggunakan kalimat berirama
- Menggunakan kalimat yang berisi fakta dan opini
- Menggunakan singkatan-singkatan untuk mengurangi jumlah biaya .
Demikian artikel yang saya buat . Semoga bermanfaat dan mudah dimengerti . Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan kata.
Sekian dan Terima Kasih
Wassalamu'alaikum wr.wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar