Belajar dan Persiapan dan Tes TOEIC dengan Mudah

 Assalamualaikum wr.wb

     Kali ini saya akan mengulas tentang persiapan dan Penjelasan tes TOEIC yang saya tulis ulang ke dalam blog ini berasal dari buku "Developing listening skills for the rest TOEIC" yang ditulis oleh Slamet Riyanto NH dan Emilia NH .


1. What ia the TOEIC TEST ? (Apa itu tes TOEIC)

        TOEIC singkatan dari test of English for internasional comunication . TOEIC merupakan tes bahasa Inggris internasional .

        Tes TOEIC terdiri 2 bagian yaitu Listening Comprehansion and Reading Comprehension . Tes TOEIC dikembangkan dari tes TOEFL (Test of English as a foreign language) .


2. Who Takwa the TOEIC TEST ?

     (Siapa yang menempuh tes TOEIC)

            Orang yang mengikuti tes TOEIC dengan berbagai alasan . Namun demikian , biasanya peserta tes TOEIC adalah anak sekolah tingkat SMA ataupun SMK yang ingin mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggrisnya .

         Ada lagi kelompok lain yang biasanya juga menempuh tes TOEIC , yaitu calon pegawai atau karyawan yang ingin melamar pekerjaan atau bahkan mereka sudah menjadi pegawai atau karyawan tetap yang akan dipromosikan jabatan/posisi baru .


3. How does the TOEIC differ from TOEFL ?

     (Apa perbedaan tes TOEIC dan TOEFL)

               Tes TOEFL dan TOEIC sama-sama standar internasional . Kedua tes tersebut berdasar dari ETS (education testing servis) dari American serikat . Perbedaanya tes TOEFL dimaksudkan sebagai syarat masuk perguruan tinggi di luar negeri terutama Amerika . Menteri tes TOEFL bersifat seputar masalah akademik .

                Sementarai itu , tes TOEIC dikembangkan untuk memperoleh ketrampilan bahwa Inggris dalam dunia kerja terutama dalam perusahaan multinasional ,sekolah/universitas dan organisasi pemerintah . Materi tes TOEIC berasal pada bahasa sehari-hari yang berkaitan dunia bisnis .


4. How many Test Items are three in the TOEIC TEST ?

 (berapa jumlah soal tes TOEIC)

             Ada 2 bagian tes ini yaitu Listening Comprehension dan reading Comprehension dengan rincian sebagai berikut :




5. Why the TOEIC TEST ?

  (Kenapa tes TOEIC)

             Tes TOEIC since English ia one of the most commonly used languages for internasional commerce , employes Saw need to have a common measure of the language skills of empolyes and spective employes . The TOEIC was developed to acces the English language skills of people around the world workin in multinational companies ,scholls and government organization .


6. What reading topics are tested in the TOEIC TEST ?

  (Topik bacaan apa yang ditetapkan dalam tes TOEIC)

             Sebagai tes internasional bahasa Inggris untuk komunikasi , tes TOEIC mengetes kemampuan bahasa Inggris seseorang terutama mencakup beberapa topik antara lain :

  1. Daily activity 
  2. Family and friends 
  3. Clothing
  4. Housing
  5. Furniture and furnishings
  6. Job/profession
  7. Groceries
  8. Health 
  9. Sports 
  10. Dates and time
  11. Traveling
  12. Shopping
  13. Weather 
  14. Education
  15. News and newspaper
  16. Tranportation
  17. Feeling and state
  18. Geography
  19. Entertainment
  20. Culture
  21. Measure and numberrs
Dengan demikian kosa kata yang dipelajari dan dipersiapkan untuk tes TOEIC juga seputar topik-topik di atas .


7. What ia being tested ?
    ( Apa yang diteskan dalam tes TOEIC)
         Tes TOEIC terdiri 2 bagian 

   7.1 Listening Comprehension section 
Pada bagian ini anda akan di tes sepuat kemampuan anda dalam memahami bahasa Inggris yang digunakan (ability to understand apoken English) yang terdiri atas :

       Part.1 . Here ,yo Will see a picture in your Test book and hear four short statments . You should choose the statments that best describe the picture .

        Part.2. Here you Will hear two speakers . The first speaker Will ask a question . Yo Will them hear three possible responses to question . You should pick the best response .

      Part.3. here you Will hear a short conversion between two people . Then you Will read a question in the Test book about the conversation followed by four answer choice .

      Part 4. Here , you Will hear a short talk . You Will read several question for each talk followed four answer choices .

7.2. Reading Comprehension section 
         Pada part 5,6,7 Anda akan dites seputar kemampuan memahami bacaan dalam bahasa Inggris tertulis dalam menjawab pertanyaan maupun menemukan ide utama(main idea) , pengetahuan tata bahasa(grammar) ,kosa kata (vocabullary) juga diteskan antara lain :

      Part.5. Here you Will read an incomplete sentences . There are four answer with word or phrases . You should pick answer choice that best completed the sentence

       Part.6. Here ,you Will recognize errors . Four Wirda or phrases are underlined on each sentences . You should choose the letter (A,BC,or D) that contains the error .
 
       Part 7. Her you will read several passage in the form of letters ,article ,notice , forma and advertisements. Several questions will follow each passage . You should the best answer . The best answer stated or implied in the passage .


8. How are the TOEIC TEST ?
     (Bagaimana petunjuk mengerjakan tes TOEIC )
          Petunjuk untuk setiap bagian tes TOEIC selalu sama . Anda dianjurkan untuk memahami betul setiap petunjuk itu . Dengan demikian anda dengan mudah memahami setiap petunjuk dalam menghadapi tes TOEIC yang sebenarnya .


9. How is the TOEIC TEST scored ?
   (Bagaimana tes TOEIC dinilai ?)
        Skor TOEIC berkisar antara 10 sampai 990 , yaitu 5 sampai 495 untuk listening dan 5 sampai dengan 495 untuk reading . Ini merupakan skor yang telah dikonversi dari skor yang diperoleh peserta tes , yaitu berapa jumlah jawaban yang benar . Jawaban yang salah TIDAK mengurangi nilai . Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel skor TOEIC di bawah ini :


Contoh menghitung skor TOEIC anda  seperti gambar di bawah ini.


10. Futher information on TOEIC TEST
    (Informasi lebih jauh mengenai tes TOEIC)
         Tes TOEIC dilaksanakan oleh sebuah lembaga bahasa Inggris di Amerika serikat yaitu Educational Testing Service in Princeton ,New Jersey ,USA .
Untuk lebih jelasnya kalian bisa mengirim sura ke :
TOEIC Service Internasional
Educational Testing Service
Princeton ,New Jersey 08541
USA 
           Atau anda dapat juga membuka alamat web tes TOEIC yaitu  https://www.toeic.com

Untuk mengetahui tanggal tes , biaya tes dan lokasi tes . Untuk perwakilan Indonesia , Anda dapat menghubungi kantor perwakilan TOEIC yakni :
PT. Internasional Test Center
Plaza Sentral , lantai 17
Jl. Jendral Sudirman Kav.47
Jakarta 12930 , Indonesia
Phone : 62-21 5711 943
Fax : 62-21 5711 944
Email :  info@toeic.or.id
Website : contact-uk@etseurope.org


       Demikian informasi dari saya mengenai persiapan tes TOEIC , semoga bisa bermanfaat dan mudah dipahami bagi pembaca . Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan kalimat .
Sekian dan terima kasih .
Wassalamualaikum wr.wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar