4 Contoh puisi tentang pendidikan

 

 Assalamualaikum wr.wb

Selamat Datang di ilmu bermanfaat ,Kali ini saya akan memberikan contoh puisi tentang pendidikan. Mari kita simak isinya berikut.





Guru

Guru.....

Engkaulah pahlawan pendidikan

Jasamu sangat besar

Engkau selalu sabar menuntunku

Keluh kesahmu tidak sebanding dengan gajimu



Guru.....oh...guru

Engkau membimbingku

Saat aku bodoh hingga pintar

Banyak ilmu yang kau ajarkan

Sedikit yang berterimakasih



Guruku, teruslah menjadi pejuang ilmu yang tangguh

Kami akan selalu berdoa untukmu

Meskipun perpisahan pasti ada, namun hati kami tetap satu

Semangatlah guruku tercinta

Kau berikan hampir separuh waktumu untuk kami

Lelah tidak pernah engkau rasakan saat mengajar kami



Wahai Guruku, jangan berhenti berjuang

Berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa

Terima kasih guruku

Jasamu pasti akan ku kenang






Ujian Nasional


Tiba-tiba kita baru sadar bahwa inilah harinya

Belajar 9 cawu atau 6 semester

Hanya ditentukan ketuntasannya

6 hari dalam seminggu


 


Kalau gagal, bisa fatal

Mengulang, menanggung malu

Meninggalkan, sama saja membuang masa depan

Sedangkan kita punya mimpi-mimpi

yang terlanjur ditargetkan


 


Lalu kita terhasut aneka wacana

Bahwa ujian nasional

bukanlah penilaian bijaksana

Ini salah pemerintah

Ini salah menteri

Ini salah presiden

Ini salah bapak ibu mengapa menyekolahkan


 


Kita tidak merasa salah

Dengan dalil kenakalan remaja

memang harus dialami ketika remaja

Kalau ketika dewasa itu disebut kenakalan dewasa

Oom atau tante nakal misalnya


 

Karena berpusing dengan aneka pikiran

Malam tak bisa membawa kantuk

Esok pagi datang ke sekolah

Dengan tangan berisi pensil 2B

Tapi pikiran kosong

Ketika melihat soal ujian

Pusing tiba-tiba menyerang

 


Bukankah belajar itu tidak gampang?

Tentu, bagi orang yang tak perlu ilmu

Tapi menceburkan diri ke bangku sekolahan








PEMBUKA GERBANG DUNIA

Dulu aku bodoh

Dulu aku sama sekali tak tahu apa-apa

Aku tak tahu cara baca tulis

Aku juga begitu bodoh untuk dapat menghitung



Semuanya berubah saat aku mengenalmu

Kau yang seringkali kusepelkan dengan sabar membimbingku

Kau ajarkan aku baca tulis

Kau tularkan sebundel ilmu hitungan



Kau begitu sabar

Kau begitu teliti dan cekatan mengajari dan membimbingku

Nggak jarang aku putus asa dan malas dalam belajar

Namun, kau mampu membuka gerbang semangatku kembali



Aku tak tahu jika orang sepertimu tidak terlahir di dunia

Akan jadi apakah aku jika orang sepertimu tidak ada

Orang yang membuka jalan menuju masa depa

Orang pembuka gerbang dunia untukku






Pahlawan Kehidupan

Karya : Nur Wachid


Ku lihat kau berbuat

Ku dengar kau berbicara

Ku rasakan kau merasakan



Mata binar tak khayal menjadi panutan

Sejuk terasa haluan kata – katamu

Menjadi sugesti pada diri kami

Hingga jiwa ini tak sanggup berlari

Menjauhi jalan hakiki



Lelah dirimu tak kau risaukan

Hiruk pikuk kehidupan mengharu biru

Itu jasa tentang pengabdian

Bukan jasa tentang perekonomian

Semangatmu menjadi penghidupan

Untuk kami menjalani kehidupan



Jangan pernah kau bosan

Jadi haluan panutan

Meski pertiwi dalam kesengsaraan

Kaulah pelita cahaya kehidupan

Terima kasih untukmu

Sang pahlawan kehidupan






Demikian contoh puisi tema pendidikan , semoga bisa bermanfaat . Ikuti terus ilmu bermanfaat agar tetap mendapatkan berbagai ilmu .

Sekian dan terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar