Definisi dan Penyebab Korupsi di indonesia

 

Assalamualaikum wr.wb

Kali saya akan menulis artikel tentang korupsi . Mari kita simak isinya di bawah ini .


       KORUPSI 


           Seringkali kita mendengar berita tentang korupsi di televisi maupun di media yang lainnya , korupsi memang sudah mengakar dari dulu hingga sekarang . Saya sebagai masyarakat awam pun sudah jenuh mendengar kata KORUPSI , Namun kejahatan itu sulit dikendalikan dan dihentikan . Korupsi sering dikaitkan dengan politik .


         Korupsi adalah Kejahatan penyalahgunaan pejabat negara/pegawai yang menyelewengkan/menggunakan keuangan negara untuk keinginan pribadi ataupun golongan . Korupsi tercipta karena adanya celah dalam sistem keuangan dan gaya hidup pejabat yang menghambu-hamburkan uang (bergelimang harta) . 


        Korupsi di Indonesia yang paling banyak terjadi di proyek pemerintah , kemudian di Bantuan Sosial dan lain sebagainya . Para Pejabat negara yang korup akan menggelembungkan dana yang akan dikeluarkan negara pada proposal pengajuan dana yang setelah itu ketika dana cair pejabat itu akan memangkas dana itu untuk masuk kantong pribadi . Misalnya kita ambil contoh pejabat negara mengajukan dana proposal pembuatan jalan desa sebesar 500 juta yang sudah dimanipulasi datanya . Setelah pencairan dana , dana yang digunakan hanya 350 juta saja . Sisa dari dana itu sebesar 150 juta akan masuk ke kantong pejabat negara yang bisa saja dibagi ke beberapa orang (agar tidak ada yang membocorkan soal penyimpangan dana) . Begitulah secuil contoh proses korupsi di Indonesia .


Saya akan menyebutkan  penyebab terjadinya korupsi yang sulit dihentikan antara lain :

  • Hukum di Indonesia belum membuat jera para koruptor . 
Sebenarnya Hukum bisa ditegakkan ,tetapi para pembuat undang-undang seakan-akan membuat celah untuk korupsi . Karena politik di Indonesia sudah terlanjur kotor . Jika ada yang mengusulkan Hukum untuk para koruptor di perberat pasti ada saja yang menentang dengan berbagai alasan . Jadi dibutuhkan keberanian dari wakil rakyat pembuat undang-undang yakni DPR untuk membuat hukuman yang lebih berat .



  • Sistem keuangan yang kurang tertata. 
Sistem keuangan yang selama ini digunakan seakan-akan dibuat rumit oleh para pembuat kebijakan . Sehingga diperlukan audit keuangan yang cukup lama untuk mengetahui adanya penyimpangan keuangan . Maka dari itu diperlukan tahanan sistem keuangan yang mudah diaudit .



  • Rakusnya pejabat negara kepada uang .
Hal ini sudah menjadi hal wajib bagi pejabat negara , besarnya kebutuhan(foya-foya) para pejabat yang membuat pejabat akan rakus akan uang negara . Padahal mereka sudah punya gaji cukup besar dan memiliki kualitas yang istimewa . Oleh karena itu  sebesar-besarnya gaji mereka , jika kurang bersyukur apa yang dimiliki makan akan kemungkinan besar melakukan tindak korupsi . Saya sebagai warga negara sudah muak akan para pejabat yang menghambu-hamburkan uang padahal masih banyak masyarakat yang hidup serba kekurangan . Maka dari itu dibutuhkan kesadaran para pejabat untuk hidup apa adanya .



 
  • Keterbatasan SDM yang jujur .
Di Politik Indonesia sudah sulit sekali terdapat orang jujur . Mayoritas dari mereka hanya mementingkan pribadi dan golongan nya . Jika ada pejabat yang jujur akan sangat sulit sekali untuk bergerak karena mempunyai banyak musuh . Jadi yang jujur akan kalah dengan sendirinya . Maka dari itu diperlukan penanaman akhlak kejujuran sejak dini hingga dewasa .





  •   Kurangnya audit keuangan di daerah terpencil .
Kurangnya audit keuangan dari pemerintah yang akan menjadi celah bagi koruptor untuk mencuri uang rakyat . Mereka seakan-akan menggelembungkan dana yang dibutuhkan . Biasanya kurangnya audit keuangan  ada pada tingkat daerah yang terpencil , karena kurangnya laporan keuangan secara terperinci . Diharapkan pengawasan dari khalayak umum yakni masyarakat sekitar untuk mengetahui anggaran yang dikeluarkan negara untuk sebuah kebutuhan . 



  • Moral pejabat negara yang lemah
Kurangnya pendidikan moral anti korupsi sejak dini yang membuat mudahnya perilaku korupsi di Indonesia . Seakan mereka tidak punya hati nurani hingga  tidak malu saat memakai rompi Oren (TAHANAN) KPK yang membuat korupsi hal yang lumrah di kalangan pejabat . 




  • Lembaga KPK yang semakin lama di Lemahkan
Selama ini lembaga KPK dibuat akan tak berdaya untuk memberantas korupsi . Mereka semakin lama selalu dilemahkan oleh kebijakan yang seakan kebijakan itu sudah benar . Sehingga banyak dari mereka(KPK) mengundurkan diri , karena mereka sudah muak untuk memberantas korupsi di Indonesia ini .






Saya sebagai warga negara Indonesia mengharapkan para pemuda yakni sebagai penerus bangsa agar memiliki sifat yang jujur . Agar dapat mengemban pemerintahan yang benar dan adil . Para masyarakat kalangan sudah lelah akan perbuatan para pejabat negara yang mementingkan pribadi dan golongan nya saja . Marilah kita berdoa agar generasi penerus menjadi lebih baik dari sekarang . Amin......




Demikian artikel tentang korupsi yang saya buat , semoga bisa bermanfaat bagi pembaca . Ikuti terus Laman Blog ini agar dapat mendapat berbagai ilmu bermanfaat .
Sekian dan terima kasih
Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar