SEJARAH CANDI PRAMBANAN

 Assalamualaikum wr.wb

      Kali ini saya akan mengulas sejarah tentang berdirinya Candi Prambanan . Mari kita simak artikel di bawah ini :


CANDI PRAMBANAN



       Candi Prambanan bisa jua disebut candi Roro Jonggrang yang merupakan komplek candi HINDU terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad 9 Masehi .
         Candi ini sudah termasuk dalam warisan UNESCO . Candi Prambanan ditujukan untuk persembahan 3 dewa(TRIMURTI) Hindi yaitu  Brahmasebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

        Klompleks Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan , Sleman ,DI Yogyakarta dan Kecamatan Prambanan ,Kab. Klaten Jawa tengah . Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten .

       Arsitektur candi Prambanan berpedoman kepada tradisi arsitektur Hindu yang berdasarkan kitab Wastu Sastra. Denah candi megikuti pola mandala, sementara bentuk candi yang tinggi menjulang merupakan ciri khas candi Hindu. Prambanan memiliki nama asli Siwagrha dan dirancang menyerupai rumah Siwa, yaitu mengikuti bentuk gunung suci Mahameru, tempat para dewa bersemayam. Seluruh bagian kompleks candi mengikuti model alam semesta menurut konsep kosmologi Hindu, yakni terbagi atas beberapa lapisan ranah, alam atau Loka.

        Diperkirakan ada 240 candi besar dan kecil di kompleks Candi Prambanan. Namun, hanya 18 candi yang berhasil dipugar, sisanya adalah tumpukan batu yang berserakan.

         Candi Siwa yang berada di tengah-tengah adalah bangunan terbesar di kompleks Candi Prambanan dan memiliki 5 ruangan: timur, selatan, barat, utara, dan sebuah ruangan utama di tengah candi. Ruangan timur terhubung dengan ruangan utama yang berisi arca Siwa Mahadewa setinggi 3 meter. Ruangan utara berisi arca Durga Mahisasuramardini, istri Siwa. Arca Durga inilah yang disebut sebagai Roro Jonggrang dalam legenda setempat.

Tepat di depan candi Trimurti terdapat 3 candi yang lebih kecil untuk kendaraan atau wahana dewa-dewa ini; sang lembu Nandi wahana Siwa, sang Angsa wahana Brahma, dan sang Garuda wahana Wisnu.


     Demikian Artikel saya buat . Semoga dapat Bermanfaat dan mudah Dipahami oleh semua Pembaca .

Sekian dan Terima Kasih 

Wassalamualaikum wr.wb




Tidak ada komentar:

Posting Komentar