Menu

Ciri-ciri Ban yang tepat untuk musim hujan

  Assalamualaikum wr.wb

Selamat Datang di ilmu bermanfaat ,Kali ini saya akan membagikan ciri-ciri Ban yang harus digunakan di musim hujan. Mari kita simak penjelasan di bawah ini.


Hujan semakin sering mengguyur berbagai wilayah di Indonesia. Saatnya mempersiapkan kendaraan agar mengurangi risiko celaka ketika melintas di jalan basah. Salah satu poin utama adalah penggunaan ban. Tidak hanya pengendara mobil, pengendara sepeda motor juga harus memperhatikan soal ini.

Ban adalah faktor utama pada kendaraan saat hujan. Di Indonesia seharusnya mobil menggunakan ban all condition agar bisa dipakai untuk panas dan hujan. Ban yang bocor pada musim hujan bisa memecah air dengan baik dan membuang udara yang tersandera di depan ban. Kalau musim hujan disarankan memakai ban sesuai rekomendasi pabrik.


Inilah ciri-ciri ban yang aman dipakai di jalan basah :


1. Ban yang senormal mungkin, misalnya untuk mobil dengan profil ketebalan 55 hingga 70. Kalau sepeda motor antara 70hingga 90. Adapun untuk lebar tapak juga disarankan tidak menguranginya, usahakan ukuran normal. “Banyak pengguna sepeda motor yang memasang ban ceking. Ini jelas berbahaya.


2. Gunakan ban tipe kembangan. Jangan sampai salah memilih karena pertimbangan fashion dengan motif aneh-aneh, tetapi tidak aman di jalan basah. Ban yang baik punya pola bergaris dengan jarak yang tidak terlalu renggang dan tidak terlalu jarang. Pola bergaris tersebut berguna memecah air saat jalanan basah, dan memiliki daya cengkeram lebih optimal. Hindari penggunaan ban slick atau tanpa pola. Selunak-lunaknya kompon ban slick, tetap akan susah memecah air di jalanan dan cenderung mudah terpeleset.



3. Untuk ban yang baru dibeli, jangan langsung beranggapan daya cengkeram sudah maksimal. Lapisan silikon masih menempel dan masih berpotensi licin. Ban paling baik jika sudah dipakai beberapa puluh kilometer di lintasan kering karena gerusan dengan aspal akan menghilangkan silikon tersebut. “Harus hati-hati pakai ban baru. Harus di-‘reyen’ dahulu supaya silikonnya hilang dan mencengkeram sempurna



4. Perhatikan alur ban.

 Ada dua jenis, ban bidirectional yang bisa dipakai dalam dua arah. Cirinya adalah alur simetris dan sama kalau dibolak-balik. Ban ini untuk penggunaan normal sehari-hari. Untuk musim hujan, pakai ban yang undirection dengan orientasi satu arah. Tidak bisa dipindah dari sisi kanan atau kiri. Jenis ban ini lebih punya pola lebih baik untuk memecah air.






Demikian artikel di atas, semoga bisa bermanfaat . Ikuti terus ilmu bermanfaat agar tetap mendapatkan berbagai ilmu .

Sekian dan terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb

4 Contoh puisi tentang pendidikan

 

 Assalamualaikum wr.wb

Selamat Datang di ilmu bermanfaat ,Kali ini saya akan memberikan contoh puisi tentang pendidikan. Mari kita simak isinya berikut.

Contoh teks eksposisi tentang kurang efektifnya belajar online

 Assalamualaikum wr.wb

Selamat Datang di blog ini , kali ini saya akan memberikan contoh teks eksposisi yang berjudul Kurang Efektifnya Belajar Online . Mari kita simak isi teksnya di bawah ini .




Kurang Efektifnya Belajar Online


Pembelajaran secara online adalah jalan yang tidak dapat dihindari dalam kondisi pandemi Covid-19. Sayangnya pembelajaran jarak jauh kurang dapat berjalan dengan baik dan efektif dalam pelaksanaannya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Terdapat beberapa alasan utama yang menyebabkannya .

Infrastruktur teknologi komunikasi di Indonesia masih belum merata. Jangankan di pulau kecil saja, di pulau Jawa yang memiliki angka penduduk yang paling banyak saja masih banyak daerah yang belum terpapar sinyal internet.

    Kemudian, jika sinyal internet tersedia biayanya tidak murah. Pembelajaran melalui konferensi video akan menghabiskan banyak pulsa hanya dalam satu hingga dua jam pelajaran saja. 1-2 Gigabyte data bisa habis dengan mudah dalam sekali panggilan konferensi video untuk pembelajaran jarak jauh.


Selanjutnya, tidak semua siswa dan keluarganya memiliki perangkat telepon pintar yang harus digunakan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Hal ini sangatlah tragis dan disayangkan karena tampaknya pemerintah kurang memperhatikan nasib dari keluarga yang tidak mampu untuk membeli telepon pintar.


Saat keluarga mampu untuk memiliki gawai atau perangkat komunikasi yang dibutuhkan pun orangtua belum tentu sanggup untuk membantu siswa belajar daring. Bukan masalah kompetensi orangtuanya yang utama, namun orangtua juga memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan, apalagi dalam masa pandemi yang berpengaruh pula pada keadaan ekonomi semua orang.


Banyak siswa yang mengeluhkan pula bahwa pembelajaran jarak jauh membuat konsentrasi mereka buyar dan kurang fokus untuk belajar. Ilmu yang didapat dirasa tidak sebanding dengan pembelajaran tatap muka.


Banyak Guru yang mengeluhkan kendala teknis yang terjadi pada saat mengikuti pembelajaran jarak jauh. Kendala tersebut meliputi teknis penggunaan aplikasi (gagal upload, email tidak terkirim) maupun teknis teknologi informasi seperti lemahnya sinyal, perangkat yang galat, dsb.


Terakhir, sekolah juga kurang memiliki persiapan dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh. Hal ini wajar saja, karena pandemi terjadi secara tiba-tiba dan menimpa seluruh sektor industri tanpa terkecuali sekolah.


Pada akhirnya, pandemi covid-19 adalah musibah yang tentunya kita semua tidak menginginkannya untuk terjadi. Namun hal tersebut telah terjadi dan diperlukan kepedulian pemerintah, kesadaran semua civitas pendidikan baik Sekolah, Siswa, Guru, dan orangtua untuk ikut menyukseskan kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Kita harus berhenti untuk saling menyalahkan dan secara bahu membahu ikut menyelesaikan permasalahan pendidikan jarak jauh.








Demikian contoh teks eksposisi , semoga bisa bermanfaat bagi pembaca . Ikuti terus laman blog ini agar tetap mendapatkan berbagai ilmu.

Sekian dan terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb

35 contoh pantun nasehat

 

Assalamualaikum wr.wb

Selamat Datang di blog ini ,Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh pantun Nasehat . Mari kita simak isinya berikut.

Contoh kalimat dan dialog agree and disagreement

  

Assalamualaikum wr.wb

Selamat Datang di blog ini ,Kali ini saya akan memberikan contoh kalimat dan dialog agree dan disagreement. Mari kita simak materinya berikut.

Pengertian ,contoh(aneka) , dan fungsi kerajinan bahan lunak

 Assalamualaikum wr.wb

Selamat Datang di blog ini , kali ini saya akan memberikan pengertian tentang kerajinan bahan lunak . Mari kita simak penjelasan berikut .



Sejarah berjalannya dan Berakhirnya Sistem Demokrasi Pancasila

 

Assalamualaikum wr.wb

Kali ini saya akan memberikan sejarah berjalannya demokrasi Pancasila di negara Indonesia . Mari kita simak isi sejarahnya di bawah ini .

Sejarah dan Proses Masuknya Islam di Nusantara

 Assalamualaikum wr.wb

Kali ini saya akan menguraikan 4 teori masuknya Islam ke Nusantara(Indonesia) . Mari kita simak penjelasan di bawah ini .

Belajar dan Persiapan dan Tes TOEIC dengan Mudah

 Assalamualaikum wr.wb

     Kali ini saya akan mengulas tentang persiapan dan Penjelasan tes TOEIC yang saya tulis ulang ke dalam blog ini berasal dari buku "Developing listening skills for the rest TOEIC" yang ditulis oleh Slamet Riyanto NH dan Emilia NH .

Contoh Soal tes TOEIC beserta jawabnnya

Assalamualaikum wr.wb
      Kali ini saya akan memberikan contoh soal tes TOEIC beserta jawabannya . Mari kita Cermati soal di bawah ini .

Sejarah Pertempuran 10 November Surabaya

 

Assalamualaikum wr.wb

     Kali ini saya akan mengulas tentang Perjuangan terbesar Arek-arek Suroboyo melawan Penjajahan Belanda .

Cara membuat Blog paling mudah ,cepat dan gratis

Membuat Blog lewat HP Android
Assalamualaikum wr.wb

Pengertian,struktur,dan ciri Kebahasaan Iklan

Assalamualaikum wr.wb.
Kali ini saya kan mengulas tentang pengertian , struktur dan ciri kebahsaan iklan . Mari kita simak penjelasan di bawah ini :

 IKLAN

1. Pengertian Iklan 

           

Pengertian Rangkaian Elektrik

 RANGKAIAN LISTRIK


Definisi - Definisi

Sinopsis Novel "Di Bawah Lindungan Ka'bah"

 Di Bawah Lindungan Ka'bah



Karya Buya Hamka 

     

Cara Mengatasi Kecelakaan akibat Sengatan LISTRIK

 Assalamualaikum wr.wb

Kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang dampak sengatan listrik terhadap tubuh manusia . Mari kita simak penjelasan di bawah ini :


SEJARAH CANDI PRAMBANAN

 Assalamualaikum wr.wb

      Kali ini saya akan mengulas sejarah tentang berdirinya Candi Prambanan . Mari kita simak artikel di bawah ini :


CANDI PRAMBANAN



       Candi Prambanan bisa jua disebut candi Roro Jonggrang yang merupakan komplek candi HINDU terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad 9 Masehi .

Sejarah Berdirinya Borobudur

 Assalamualaikum wr.wb

     

  Kali ini saya akan mengulas bagaimana sejarah candi terbesar di Indonesia yaitu candi Borobudur . Mari kita simak Penjelasan di bawah ini :

Budidaya Tanaman Hias

A. Mengenal Tanaman Hias

         Banyak tanaman yang ada di indonesia banyak macamnya selain itu tanaman juga dapat menjadi sumber penghasilan . tanaman hias adalah tanaman yang sengaja ditanam

DRAMA ANDE ANDE LUMUT bahasa jawa

Assalamualikum wr.wb
Nah disini saya akan berbagi drama bahasa jawa berjudul :